Berikut Ini !! Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil



Berawal dari bergurau bersama saudara yang ada di ujung barat pulau jawa, awalnya dari melihat gambar propil bbm eh malah nyambung ke jengkol he..he..he.., setelah berbelit belit membicarakan jengkol akhirnya saya di kirimi juga poto jengkol yang masih belum di masak sampai dengan jengkol yang sudah matang tepatnya di masak di buat semur jengkol.


Dari pembicaraan saya bersama saudara saya, akhirnya saya mendapatkan insfirasi untuk membuat tulisan membahas tentang manfaat jengkol untuk kesehatan dan ibu hamil yang selama ini belum banyak orang yang mengetahuinya.
Jengkol memang banyak di temui di indonesia karena makanan ini merupakan salah satu makanan pavorit masyarakat indonesia. Aromanya yang menyengat merupakan ciri khas makanan yang satu ini, sehingga sebagian orang banyak yang tidak menyukainya, namun di balik aromanya yang khas dan menyengat tahukah anda bahwa mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan 

Berikut ini beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh dan kesehatan wanita hamil :

1. Jengkol Bisa Merampingkan Perut

Mempunya perut buncit merupakan hal yang sangat tidak di inginkan, selain untuk kesehatan, rasanya kurang percaya diri juga untuk penampilan. Terjadinya perut buncit salah satu penyebabnya adalah kurang teraturnya buang air besar. Nah... Apa hubunganya dengan jengkol ??? jengkol merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung serat yang tinggi yang berfungsi untuk melancarkan buang air besar. Lancarnya buang air besar secara otomatis akan membuat perut kita menjadi langsing dan ramping.

2. Jengkol Dapat Mencegah Anemia

Di dalam jengkol mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh kita, diantaranya jengkol mengandung banyak zat besi, kita sudah tau semua bahwa zat besi sangatlah di perlukan untuk tubuh kita. Zat besi sangat berguna untuk memproduksi sel - sel darah merah. Kurangnya zat besi dalam tubuh akan berakibat berkurangnya sel darah merah, dan secara otomatis suplai zat makanan ke seluruh tubuh pun akan berkurang. 

Akibat kurangnya suplai zat makanan ke seluruh tubuh akan berakibat menurunya kinerja sel, maka jangan heran apabila kekurangan zat besi akan merasa lemas, kurang bergairah dan akan mudah lelah. Manfaat lain untuk para wanita yang sedang mengalami menstruasi sangat baik mengkonsumsi jengkol karena banyak mengandung zat besi. 

3. Dapat Memperkuat Tulang dan Gigi Serta Mencegah Tulang Kropos

Zat yang di butuhkan untuk memcegah tulang kropos dan memperkuat tulang adalah kalsium dan fosfor. Didalam jengkol selain mengandung zat besi kalsium dan fosfor juga banyak di dalamnya. Sehingga apabila mengkonsumsi jengkol dengan jumlah yang cukup akan berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Jengkol Dapat Membasmi Radikal Bebas

Zat yang terkandung dalam jengkol juga terdiri dari berbagai macam vitamin, di antaranya : vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Vitamin A dan vitamin C dapat berperan juga sebagai anti oksidan dalam tubuh sehingga dapat mencegah radikal bebas dari luar masuk ke dalam tubuh kita. 

5. Dapat Mencegah Kecacatan Pada Bayi

Jengkol juga mengandung zat asam folat, salah satu fungsi asam folat tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi dalam kandungan.

6. Jengkol Untuk Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein dalam jengkol ternyata lebih banyak di bandingkan dengan kacang tanah dan kacang hijau. Protein yang terdapat dalam tubuh kita berfungsi untuk membantu pembentukan dalam tubuh kita.

7. Jengkol Dapat Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Wanita yang sedang Hamil Biasanya sering sekali mengalami sembelit. Sembelit di akibatkan karena kurangnya serat dalam tubuh, sehingga saluran pencernaan kurang sehat dan buang air besar menjadi tidak normal. Didalam jengkol banyak mengandung serat, sehingga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan dan buang air besar.

Kontaindikasi jengkol 

Walaupun banyak sekali manfaat yang terdapat pada jengkol, perlu di perhatikan bahwa mengkonsumsi jengkol sangat tidak di anjurkan terlalu banyak. Apalagi untuk penderita penyakit gangguan organ ginjal. Sebaiknya mengkonsumsi jengkol hanya 3-10 gram saja perhari. 

Demikian beberapa manfaat mengkonsumsi jengkol yang belum banyak orang mengetahuinya, ternyata banyak kandungan yang sangat berguna untuk tubuh kita yang terkandung dalam jengkol. 

     

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Berikut Ini !! Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil "

  1. Is,, Jengkol di Jepara banyak juga tuh..

    ReplyDelete
  2. Permisi... saya boleh minta template blog yang di pakai blog ini ga'
    soalnya saya mau beli tapi ga ada rekening
    Terima Kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya ga bisa kasih terima kasih....

      Delete
  3. ternyata jengkol khasiatnya banyak juga ya.
    terima kasih info-nya Mbak

    ReplyDelete

Komentar dan opini yang diberikan pengunjung tidak mewakili situs ini. Perdebatan tidak diperbolehkan, berikanlah komentar yang cerdas untuk membangun blog ini, terima kasih.